Kamis, 02 Juni 2016

Tujuan Pembelajaran Geografi - AGC Guru Honorer

Geografi adalah salah satu pelajaran yang mengasyikan, bukan?. Seberapa penting sih pelajaran geografi itu?. Dalam buku Geography for life (1994) dijelaskan  setidaknya ada 4 alasan mengapa setiap orang perlu mempelajarai geografi:
http://www.meadowhead.sheffield.sch.uk/
1. Alasan Eksistensi (the extensional reason)
Semua mahluk hidup termasuk di dalamnya manusia hidup dalam satu planet yang dinamakan Bumi. Manusia perlu memahami rumah dimana mereka hidup dan tinggal. Geografi dapat memberikan pemahaman dimana mereka, bagaimanapun bumi itu, dengan segala potensi dan keterbatasannya.
2. Alasan Etika (the ethical reason)
Sampai saat ini atau sejauh kita ketahui bersama, bumilah satu-satunya planet tempat manusia dapat hidup. Bumi adalah planet yang mudah rusak (fragile), demikian pula kehidupan manusia tidaklah abadi. Geografi memberikan pengetahuan tentang bumi, baik secara fisik/alamiah maupun kehidupan yang ada di dalamnya. Manusia dan alam memiliki ketergantungan satu sama lain  membentuk suatu sistem kehidupan. Pengetahuan-pengetahuan itu menjadi dasar untuk mengembangkan minat dan etika bagaimana bumi/alam/lingkungan harus dimanfaatkan.
3. Alasan Intelektual (the intellectual reason)
Geografi mengembangkan imajinasi dan keterampilan berfikir. Keunikan dan keragamana muka bumi baik secara fisik maupun kehidupannnya mendorong rasa ingin tahu (curiosity), mengembangkan penemuan dan penelitian. Pemahaman tentang tempat-tempat di berbagai belahan bumi dengan segala aspek kehidupannya dapat mengikis kepicikan (parochialism) dan etnosentrisme. Dengan mengamati berbagai keragaman, keunikan, kesamaan, tempat dapat mengembangkan kecerdasan manusia dalam berperilaku di dalam ruang sehingga dapat mengambil suatu keputusan secara bijak.
4. Alasan Praktis (the practical reason)
Pengetahuan tentang bumi, ruang, tempat dengan berbagai potensi dan kendalanya dapat mengembangkan keterampilan dalam mengelola, memanfaatkan, dan mengambil suatu keputusan yang berkaitan dengan perliaku keruangan dan pengembangan wilayah serta mampu memanfaatkan informasi-informasi geografis seperti daerah potensial dalam penyebaran penyakit, mengidentifikasi daerah pasar, pusat produksi, pusat pertumbuhan ekonomi dan lainnya.

Mengingat begitu luasnya tujuan yang terkandung dalam proses pembelajaran geografi, maka pembelajaran harus berorientasi pada:
1. permasalahan aktual yang terjadi di sekitar peserta didik.
2. disesuaikan dengan kepentingan psikologis perkembangan anak didik.
3. peningkatan taraf hidup melalui  pengenalan dan pemanfaatan sumber daya.
4. harus berorientasi ke masa depan.
5.memberikan wawasan global, baik dalam bentuk peluang maupun tantangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar